Cara menyimpan kunyit agar awet tahan lama tetap segar sangatlah mudah. Salah satu hal yang sangat penting untuk mengetahui cara menyimpan kunyit yang benar, apalagi jika Bunda sering membelinya dalam jumlah banyak dan ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang lebih lama.



Kunyit sering kali digunakan sebagai salah satu pewarna alami dan juga digunakan dalam bumbu kari dan digembar-gemborkan sebagai makanan super hips. Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua kalangan bahkan, kunyit juga tidak jarang digunakan untuk pengobatan.

Bunda dapat menyimpannya dengan aman dalam kantong kertas cokelat di lemari es hingga 2 minggu atau di dalam freezer hingga 6 bulan. Saat hampir kedaluwarsa, Bunda bisa mengeringkan kunyit segar untuk membuat bubuk kunyit kering dan dapat disimpan hingga 1 bahkan 4 tahun tahun lamanya.

Bukan hanya cara mengawetkan kunyit saja, Bunda juga dapat melihat beragam cara mengawetkan bumbu dapur yang sering kali Bunda gunakan untuk bahan memasak lainnya salah satunya adalah cara mengawetkan bawang putih dengan mudah hingga 1 tahun, langsung saja Klik Disini untuk melhat beragam cara mengawetkan bumbu rempah lainnya.

Meskipun kedengarannya mudah, ada beberapa hal yang harus Bunda ketahui tentang masing-masing metode yang tercantum di atas. Baca terus untuk semua detail yang Bunda butuhkan untuk berhasil menyimpan kunyit yang Bunda miliki lebih awet tahan lama.



Jika bunda sedang mencari resep praktis untuk mengesankan teman atau keluarga di rumah, maka tidak perlu mencari istilah resep masakan yang lain selain cara menyimpan kunyit awet tahan lama yang mudah dimasak dengan kearifan lokal tradisional Indonesia ini Hidangan populer ini dapat disajikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan utama, dan itu pasti menyenangkan karena rasanya yang enak lezat. Untuk membuat cara menyimpan kunyit & membekukan kunyit agar awet tahan lama hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk disiapkan.

Istilah resep masakan yang menjadi resep paling enak juga disukai disukai yaitu cara menyimpan kunyit dikulkas agar tahan lama tidak bertunas, dan resep ini akan membuat keluarga gak bosen makan kunyit. Proses pembuatannya gampang, simple dan praktis deh pokoknya dengan hasilnya maknyus abiss. Yuk disimak bahan baku dan proses memasak cara menyimpan kunyit awet tahan lama berikut ini.

Lihat Juga:  Cara Menyimpan Bawang Putih Awet, Hingga 1 Tahun

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Diantara manfaat yang dimiliki kunyit untuk kesehatan diantaranya seperti Anti-Inflamasi , meningkatkan Antioksidan.

Selain itu, kunyit juga mengandung curcumin yang didalamnya terdapat kandungan meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, terkait dengan peningkatan fungsi otak dan menurunkan risiko penyakit otak, juga berfungsi sebagai pereda nyeri, meningkatkan fungsi hati, membantu dalam pencernaan, dan banyak lagi.

Perbedaan Kunyit Segar Dan Tidak Segar

Sebelum kita akan menyimpan kunyit, terlebih dahulu kita harus mengetahui perbedaan kunyit kunyit segar dan tidak segar, sehingga kunyit dapat disimpan lebih lama. Berikut ini adalah bebrapa perbedaan antara kunyit segar dan kunyit tidak segar yang perlu Bunda ketahui adalah sebagai berikut :

  • Kunyit Segar

Kunyit segar terlihat sedikit seperti jahe segar sebenarnya, dari segi rasa maupun aroma kunyit segar lebih hidup dan khas jamu dari pada saat dikeringkan.

Dengan memiliki daging rimpang berwarna oranye dan memiliki rasa sedikit pedas, sedikit kepahitan, dengan memiliki kulit yang lebih tebal.

Saat Bunda membeli kunyit sebaiknya jangan memilih kunyit yang memiliki tekstur terasa lunak, kering, atau mengkerut, dan pilih yang lebih kencang.

  • Kunyit Tidak Segar

Kunyit yang tidak segar memiliki tekstur agak lembek dan mengkerut. Selain itu, pada kunyit yang tidak segar sedah tidak tercium aroma segar khas kunyit, dan kunyit yang tidak segar juga rentan cepat membusuk jika disimpan serta warna dagingnya tidak berwarna orange seperti pada kunyit segar, namun berwarna agak kecoklatan.

Cara Menyimpan Kunyit Segar Awet Tahan Lama, Cara Membuat Bubuk Kunyit, Cara Membekukan Kunyit Agar Tahan Lama, Mengawetkan Kunyit Dikulkas Dengas Kertas Coklat, Cara Mengawetkan Kunyit Dengan Minyak Zaitun, Cara Menyimpan Kunyit Yang Sudah Dikupas, Cara Menyimpan Kunyit Agar Tahan Lama, Agar Kunyit Tahan Hingga 4 Tahun, Mengawetkan Kunyit 1 Bulan Hingga 4 Tahun, Cara Mengawetkan Aneka Rempah Rempah , Cara Menyimpan Kunyit Didalam Kulkas/Freezar Yang Baik Agar Tidak Busuk,Cara Menyimpan Empon-Empon Tidak Mudah Busuk

Cara Menyimpan Kunyit Agar Awet Tahan Lama Tetap Segar

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk menyimpan kunyit agar awet tahan lama tetap segar 2 minggu hingga 1 tahun bahkan 4 tahun.

1. Cara Menyimpan Akar Kunyit Di Kulkas Menggunakan Kantong Kertas Coklat

Akar kunyit dapat disimpan dengan menggunakan kantong kertas coklat yang dapat membantu menyerap kelembaban yang berlebih pada kunyit. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memulai :

  • Bersihkan Kunyit Hingga Bersihkan

Pertama. terlebih dahulu bersihkan kunyit dengan cara digosok dengan menggunakan kuas atau jari tangan. Hal ini, bertujuan untuk mengurangi residu yang masih tertinggal pada kunyit, dari tanah hingga pestisida hingga kuman.

Lihat Juga:  Tips Cara Mengawetkan Bayam Bertahan Hingga 14 Bulan

Dalam tahap ini, ketika membersihkan tidak perlu membuang kulit luarnya, cukup terlihat hingga tidak ada kotoran yang menempel pada kulit.

  • Keringkan Kunyit

Setelah, kunyit sudah dibersihkan dengna air sampai bersih, selankutnya keringkan kunyit dengan menggunakan handuk kertas untuk mengeringkan akar kunyit.

Hal terpenting yang harus diperhatikan dengan kunyit segar adalah pertumbuhan jamur. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan memastikannya benar-benar kering sebelum didinginkan.

  • Simpan Kunyit Menggunakan Kantong Kertas Coklat

Jika kunyit sudah dipastikan benar-benar kering masukkan kedalam kantong kertas cokelat. Kantong kertas cokelat bekerja dengan baik untuk menyerap kelembapan berlebih, selain itu juga, menghindari pertumbuhan jamur pada kunyit.

Jika Bunda tidak memiliki kantong kertas cokelat, jangan khawatir. Bunda cukup bungkus akar dengan handuk kertas dan simpan dalam kantong plastik. Handuk kertas juga akan berfungsi sama seperti kantong kertas, menyerap kelembapan ekstra.

2. Simpan Kunyit Dengan Cara Dibekukan

Bunda dapat membekukan akar kunyit, dan itu akan mempertahankan rasanya selama sekitar enam bulan. Namun, tekstur akar dapat berubah sedikit setelah pembekuan. Selain itu, kunyit beku Bunda mungkin tidak bertahan selama kunyit segar.

Ikuti langkah-langkah ini untuk memulai :

  • Cuci bersih kunyit yang akan dibekukan
  • Potong kunyit menjadi kecil-kecil menggunakan pisau tajam
  • Masukkan potongan kunyit kedalam wadah dan bekukan selama beberapa jam, atau sampai padat
  • Pindahkan potongan beku ke dalam kantong atau wadah yang aman untuk freezer dan simpan di dalam freezer

Jika kunyit akan digunakan Bunda hanya perlu mencaikannya terlebih dahulu dengan cara keluarkan dari freezer dan biarkan mencair pada suhu ruang. Setelah dicairkan, Bunda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian dan menggunakannya.

3. Mengawetkan Kunyit Dengan Menggunakan Minyak Zaitun

Bunda juga dapat mengawetkan kunyit dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan salah satu pengawet alami terbaik yang bisa digunakan untuk mengawetkan segala jenis bumbu maupun rempah.

Berikut ini adalah beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengawetkan kunyit dengan menggunakan minyak zaitun :

  • Bersihkan kunyit yang akan diawetkan hingga bersih
  • Haluskan kunyit dengan cara diparut atau diblender, kemusian masukkan kedalam wadah
  • Masukkan minyak zaitun kedalam wadah jadi satu dengan kunyit secukupnya
  • Dinginkan didalam freezer dan Bunda bisa menggunakannya sesuai yang Bunda butuhkan
Lihat Juga:  Cara Menyimpan Brokoli Tetap Segar Tidak Kuning Lebih Lama

4. Bubuk Kunyit

Selain, dengan menggunakan ketiga cara diatas untuk mengawetkan kunyit, Bunda juga dapat mengawetkan kunyit dengan cara menjadikan kunyit segar menjadi bubuk kunyit. Bubuk kunyit mampu bertahan hingga 1 tahun bahkan 4 tahun lamanya jika disimpan pada tempat sejuk dan jauh dari panas matahari.

Berikut ini adalah cara membuat bubuk kunyit yang mudah dipraktikkan :

  • Cuci bersih kunyit sampai bersih dengan menggunakan air mengalir
  • Kupas kulit kunyit, dengan menggunkan pengupas sayuran untuk menghilangkan kulit dari akar kunyit.
  • Potong akar kunyit tipis-tipis, semakin tipis maka akan semakin cepat kering
  • Susun irisan di atas loyang yang dialasi kertas roti hindari agar tidak bertumpuk sehingga akan matang secara merata
  • Panggang dalam oven pada suhu 90 – 100 drajat celcius selama kurang lebih 2 jam (tergantung oven masing-masing)
  • Jika kunyit sudah jering masukkan kedalam food processor atau penggiling dan giling menjadi bubuk halus
  • Jika sudah menjadi bubuk halus simpan kedalam tuples atau wadah kedap udara, lalu simpan di lemari yang sejuk dan gelap maka bubuk kunyit mampu bertahan 1 tahun hingga 4 tahun.

Diatas adalah beberapa cara yang bisa Bunda praktikkan untuk menyimpan kunyit tetap awet tahan lama tetap segar berbulan-bulan hingga 4 tahun dengan mudah.

Tips Mengawetkan Kunyit Anti Gagal

Cara memasak praktis dan mudah telah kami bagikan langkah penyajian cara menyimpan empon-empon tanpa kulkas/freezer mulai dari bahan yang diperlukan sampai matang siap konsumsi. Resep cara menyimpan kunyit awet tahan lama buatan sendiri ini adalah koleksi resep masakan Indonesia sederhana dan telah diuji coba di rumah dengan rasa yang enak sesuai harapan.

Aneka olahan kunyit bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi siapa pun yang memasak dengan recipe ini. Didukung dengan bahan yang mudah didapat di sekitar kita, dan proses memasak yang sederhana untuk cara membuat bubuk kunyit awet tahan lama anti apek seperti recipe diatas, begitu gampang bukan untuk membuat hidangan yang satu ini? Ini adalah resep mudah, yang akan membuat bunda terlihat layaknya koki hebat.