Tips cara mengawetkan bayam bertahan hingga 14 bulan–Jika Bunda ingin mempelajari bagaimana bayam agar dapat bertahan segar lebih lama Bunda datang ke tempat yang tepat… Ya, Bunda BISA menyimpan bayam agar tetap segar! Dan itu SANGAT mudah — yang luar biasa, karena menyimpan bayam yang tepat akan memperpanjang umur simpan bayam dan merupakan cara terbaik untuk meminimalkan limbah produk Bunda pastinya.



Bayam adalah makanan super yang luar biasa, yang berarti bahwa setiap porsi dikemas penuh dengan nutrisi penting yang akan membantu bunda menjaga kesehatan keluarga tercinta! Dari pasta hingga smoothie, gunakan bayam untuk tambahan vitamin A, C, E, dan K. Karena bayam merupakan tambahan yang serbaguna dan sehat untuk makanan, bayam mudah dibeli dalam jumlah besar. Dari segi kesehatan, Bunda tidak dapat membeli bayam terlalu banyak, tetapi Bunda mungkin kesulitan menjaga semuanya tetap segar pada waktunya untuk dimakan. Namun, dengan teknik pembelian dan penyimpanan yang tepat, Bunda akan selalu dapat menikmati bayam segar dan lezat sebagai bagian dari hidangan makanan keluarga.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyimpan bayam tetap segar tahan lama, sehingga akan memudahkan serta mempersingkat waktu kita dalam menyiapkan hidangan masakan yang lezat, bernutrisi dan enak.

Jika bunda sedang mencari tips atau cara mengawetkan bayam untuk mengesankan teman atau keluarga di rumah, maka tidak perlu khawatir selain tips cara mengawetkan bayam yang mudah dimasak dengan kearifan lokal tradisional Indonesia ini cara mengawetkan bayam dapat Bunda coba agar bayam dapar bertahan lebih lama. Selain itu juga bayam yang sudah diawetkan ini dapat diolah menjadi hidangan pembuka atau hidangan utama, dan itu pasti menyenangkan karena rasanya yang enak lezat. Untuk membuat cara mengawetkan bayam tahan lebih lama hingga berbulan bulan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk disiapkan.

Lihat Juga:  Resep Korean Strawberry Milk Rendah Lemak & Kalori

Cara terbaik menyimpan bayam menjadi resep paling favorit juga disukai disukai yaitu 3 metode cara mengawetkan bayam segar lebih lama, dan resep ini akan membuat Bunda lebih mudah dalam menyimpan bayam juga akan mempersingkan waktu Bunda dalam memasak Proses pengawetannya gampang, simple dan praktis deh pokoknya dengan hasilnya maknyus abiss. Yuk disimak bahan baku dan proses memasak tips cara mengawetkan bayam berikut ini.



Kunci untuk memperpanjang umur simpan bayam adalah menjaganya tetap kering. Jika Bunda membeli bayam segar dalam satu bundel, tunggulah untuk mencucinya sebelum dimasak. Jika Bunda membilasnya terlebih dahulu (misalnya untuk salad selama seminggu), gunakan pemintal salad untuk menghilangkan semua sisa air atau tiriskan bayam terlebih dahulu agar benar-benar kering sebelum disimpan.

Selain tips cara menyimpan bayam tahan lebih lama, Bunda juga dapat menyimpan bahan-bahan belanja Bunda lainnya seperti cabai agar dapat bertahan lebih lama. Bunda bisa lihat selengkapnya Disini.

Atau jika Bunda ingin lebih praktis lagi, bayam tidak perlu dicuci terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar ketika bayam disimpan benar-benar dalam keadaan kering. Kemudian, ikuti panduan penyimpanan langkah demi langkah cara menyimpan bayam agar tetap terjaga kesegarannya.

Tips Cara Mengawetkan Bayam Bertahan Hingga 14 Bulan

Berikut adalah 3 metode cara menyimpan bayam agar awet tahan lebih lama hingga 14 bulan. Drai ketiga metode ini bisa Bunda pilih salah satu cara untuk mengawetkan bayam lebih lama dalam kulkas, tanpa menghilangkan nutrisi, vitamin maupun serat yang terdapat pada bayam. Inilah cara yang bisa Bunda pilih dan praktikkan sendiri dirumah.

1. Simpan Bayam Pada Wadah Kedap Udara

Cara menyimpan bayam agar tetap segar hingga 10 hari bisa Bunda lakukan dengan menggunakan wadah kedap udara, caranya sebagai berikut :

  1. Petik bayam dan buang bagian daun yang mungkin rusak
  2. Siapkan wadah kedap udara, lalu alasi dengan tisu, selanjutnya letakkan daun bayam kering di atas tisu.
  3. Beri tisu lagi pada bagian atas bayam sebelum wadah ditutup dan simpan di lemari es pada rak kulkas (bukan di freezer).
  4. Jika bayam yang Bunda beli sudah dicuci sebelumnya, sebaiknya memakannya sesegera mungkin, dan jika Bunda ingin bayam dapat segar lebih lama sebaiknya simpan dalam wadah kedap udara tanpa dicuci.
Lihat Juga:  Jenis Jenis Tepung Untuk Membuat Makanan dan Kue

Penempatan saat menyimpan bayam pada rak kulkas bayam mampu bertahan hingga sepuluh hari kedepan. Selain itu wadah akan melindungi sayuran agar tidak dipindahkan atau dihancurkan seperti halnya di dalam tas, bertujuan untuk menjaga bayam tetap utuh.

Dan manfaat tisu pada wadah bermanfaat untuk menyerap kelembapan, dan menjaga bayam Bunda tetap segar. Jangan letakkan di dekat buah yang menghasilkan etilen, seperti pisang atau apel, karena akan membusuk sebelum waktunya. Artinya, apel yang terlalu matang atau buah yang busuk dapat menyebabkan bayam layu dan lebih cepat busuk.

2. Simpan Bayam Dengan Kantong Plastik Kering

Cara selanjutnya untuk menyimpan bayam tahan lebih lama adalah dengan menyimpan pada kantong plastik, cara ini bisa bertahan 3 hingga 7 hari kedepan bayam tetap segar dan bernutrisi, berikut adalah caranya :

  1. Petik bayam pilih daun yang masih bagus dan segar
  2. keringkan bayam dengan tisu untuk memastikan bayam benar-benar kering , baru bisa langsung simpan dalam plastik
  3. Tinggalkan handuk kertas di dalam kantong dengan bayam untuk menyerap kelembapan berlebih.
  4. Simpan Bayam Dengan Cara Dibekukan
Tips Cara Mengawetkan Bayam Tahan Hingga 14 Hari, 3 Cara Tips Mengawetkan Bayam Hingga Berbulan-Bulan, Tips Agar BAyam Tetap Segar Lebih Lama, 3 Cara Sederhana dan Aman Mengawetkan Bayam, Cara Membekukan Bayam Agar Tahan Lebih Lama

3. Simpan Bayam Dengan Dibekukan

Cara menyimpan bayam dengan di bekukan, bayam mampu bertahan hingga 9 sampai 14 bulan. Dan cara ini adalah cara terbaik untuk menyimpan bayam, karena dapat bertahan lebih lama dari pada metode menyimpan diatas. Dengan cara pengawetan ini, Bunda bisa menyimpan bayam selama sembilan hingga 14 bulan. Bunda cukup melakukan beberapa hal berikut ini :

  1. Rebus dalam dalam air mendidih selama satu atau dua menit, lalu dinginkan dalam wadah saringan atau peniris.
  2. Peras air dari bayam dengan tangan, ambil segenggam dan bentuk bayam basah menjadi bola dan bungkus rapat dengan bungkus plastik.
  3. Simpan dalam tas freezer besar, dan bayam siap untuk dibekukan bola bayam, cairkan bayam terlebih dahulu ketika digunakan.
Lihat Juga:  Perbedaan Butter Atau Mentega Dengan Margarin

Yang harus Bunda ketahui adalah bahwa bayam segar belum tentu merupakan pilihan terbaik. Bayam akan kehilangan nilai gizinya dalam beberapa hari setelah dipanen. Bayam kalengan atau beku dapat mempertahankan lebih banyak nutrisi dan vitamin daripada bayam segar yang telah bepergian bermil-mil.

Tips Cara Menyimpan & Mengawetkan Bayam Segar Tahan Lebih Lama

Cara mengawetkan bayam praktis dan mudah telah kami bagikan langkah Cara Terbaik Menyimpan Bayam Agar Tetap Segar Tahan Lama mulai dari bahan yang diperlukan sampai penyimpanna. Resep tips cara mengawetkan bayam buatan sendiri ini adalah koleksi resep tips cara mengawetkan dan menyimpan aneka sayur, buah hingga bumbu dapur Indonesia sederhana dan telah diuji coba di rumah dengan penyimpanna yang lebih lama enak sesuai harapan.

Aneka cara jitu penyimpanan dan pengawetan bayam bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi siapa pun yang memasak dengan recipe ini. Didukung dengan bahan dan alat yang mudah didapat di sekitar kita, dan proses memasak yang sederhana untuk cara menyimpan bayam agar tetap segar hingga seperti recipe diatas, begitu gampang bukan? Ini adalah resep mudah, yang akan membuat bunda terlihat layaknya koki hebat.

Saatnya praktek yuk! Kami yakin bunda dapat memasak Tips Cara Mengawetkan Bayam Bertahan Hingga 14 Bulan dengan hasil maksimal. Awali dengan menyiapkan bahan yang diperlukan dilanjutkan dengan aturan tips memasak yang sudah diberikan. Selamat memasak, dan like Facebook kami ya bunda!