Cara jitu menyimpan tomat agar awet tahan berbulan-bulan– Inilah cara menyimpan tomat yang terbaik
saat Bunda memiliki banyak tomat dirumah, simpanlah dengan cara yang benar untuk menikmati rasa segar lebih lama.



Tahukan Bunda ??…Sebenarnya banyak terdapat perdebatan tentang cara terbaik untuk menyimpan tomat. Beberapa berpendapat bahwa menyimpannya di lemari es membuat tomat mudah menjadi lemek dan mengalami perubahan rasa yang tidak enak.

Sedangkan pendapat yang lain mengatakan itu tidak ada bedanya sama sekali. Jika Bunda, benar-benar memilih tomat dengan kwalitas terbaik saat membeli maka menjaga tomat tetap awet segar hingga berbulan-bulan sangatlah penting dan sangat mudah.

Karena ada cara jitu yang dapat Bunda lakukan sehingga tomat yang Bunda simpan dapat bertahan lebih lama. Salah satunya adalah Bunda harus menyimpan tomat tergantung pada tingkat kematangannya.

Nah, selain cara menyimpan tomat, Bunda juga pastinya ingin tahu cara menyimpan aneka rempah lainnya agar awet tahan lama hingga 12 bulan. Slaha satunya adalah cara menyimpan jahe dan lengkuas yang mampu bertahan hingga 4 tahun lamanya, baca selengkapnya DISINI.



Jika bunda sedang mencari resep praktis untuk mengesankan teman atau keluarga di rumah, maka tidak perlu mencari istilah resep masakan yang lain selain cara menyimpan tomat yang mudah dimasak dengan kearifan lokal tradisional Indonesia ini Hidangan populer ini dapat disajikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan utama, dan itu pasti menyenangkan karena rasanya yang enak lezat. Untuk membuat berapa lama tomat bertahan & cara mengawetkannya tahan 18 bulan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk disiapkan.

istilah resep masakan yang menjadi resep paling enak juga disukai disukai yaitu cara menyimpan tomat dikulkas, dan resep ini akan membuat keluarga gak bosen makan tomat. Proses pembuatannya gampang, simple dan praktis deh pokoknya dengan hasilnya maknyus abiss. Yuk disimak bahan baku dan proses memasak cara menyimpan tomat berikut ini.

Cara Menyimpan Tomat Agar Awet, Cara Menyimpan Tomat Tidak Mudah Busuk, Cara Menyimpan Tomat Yang Sudah Dipotong, Cara Menyimpan Tomat Di Kulkas Agar Awet, Umur Simpan Tomat, Cara Jitu Menyimpan Tomat Agar Awet Tahan Berbulan-Bulan, Tips Menyimpan Tomat Agar Awet Tetap Segar Lebih Lama, Cara Memilih Tomat Yang Bagus, Umur Simpan Tomat Yang HArus Diketahui

Cara Jitu Menyimpan Tomat Agar Awet Tahan Berbulan-Bulan

1. Jangan Cuci Tomat Terlebih Dahulu Agar Lebih Awet Tahan Lama

Saat memanen tomat atau membeli tomat segar,sebaiknya jangan langsung dicuci. Pasalnya mencuci sebelum disimpan hanya meningkatkan potensi jamur dan pembusukan. Sebagai gantinya, bersihkan debu atau kotoran tomat dengan lembut menggunakan tisu kertas dan sebaiknya letakkan pada tempat yang sejuk, cucilah ketika akan dimakan.

Jenis tempat penyimpanan yang dapat Bunda gunakan untuk tomat tidak penting, tetapi ingatlah untuk melapisinya dan memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Gunakan tas penyimpanan plastik (tanpa penutup), peti kayu, atau kardus datar. Untuk jumlah besar, Bunda dapat menggunakan peti menyimpannya agar lebih memudahkan melindungi tomat sekaligus menghemat ruang. Lapisi bagian bawah dengan tisu, posisikan tomat dalam satu arah, dan sebaiknya bekas luka batang menghadap ke bawah.

2. Simpan Tomat Pada Tempat Sejuk Dan Gelap

Tempat penyimpanan yang ideal untuk tomat matang adalah ruangan gelap pada suhu 13 derajat celcius. Pada suhu ini, tomat tidak matang lebih lanjut atau mengalami kerusakan yang disebabkan dingin, dan tetap dalam kondisi bagus selama lebih dari seminggu.

Lihat Juga:  Mengenal Apa Itu TBM, SP, BP Fermipan dan Fungsinya

Dan tempat yang paling tepat adalah tempat yang sejuk dan selap, jauh dari panas matahari. Walupun sebenarnya tomat matang tidak mengalami kerusakan yang disebabkan oleh suhu dingin dari pada tomat hijau, jadi pendinginan adalah pilihan yang sangat tepat. Mendinginkannya selama 3 atau 4 hari memperpanjang umurnya, akan tetapi hal ini dapat mengurangi rasa pada tomat, karena dingin memperlambat kerja enzim. Dan sebaiknya sebelum dimakan pindahkan tomat yang didinginkan pada suhu kamar selama satu atau dua hari untuk meremajakan kualitas rasanya.

Tomat matang bertahan 5 hingga 7 hari pada suhu kamar. Tomat akan terus matang, bahkan setelah seminggu bekerja penuh, tomat akan memiliki rasa dan tekstur yang luar biasa.

3. Gunakan Wadah Untuk Menyimpan & Bungkus Tomat Satu Persatu Dengan Kertas Koran

Ketika tomat mencapai fase hijau matang, tomat mulai mengeluarkan gas etilen, yang memicu pematangan. Jika Bunda membeli tomat hijau atau setengah matang dan ingin menyimpannya agar dapat bertahan awet tahan lama, sebaiknya bungkus setiap tomat satu persatu dengan kertas.

Kertas befungsi untuk melindungi tomat dari kerusakan selain itu juga, mampu mempertahankan beberapa etilen untuk membantu pematangan. Cara ini dapat membuat tomat memiliki umur simpan lebih awet tahan lama sekitar 1 bulan.

4. Periksa Tomat Secara Berkala

Bahkan tomat yang bebas noda pun terkadang menimbulkan noda hingga bau yang tidak sedap saat disimpan. Maka dari itu, memeriksa tomat yang disimpan secara berkala sangatlah penting setidaknya sekali seminggu dan singkirkan tomat yang memiliki tanda-tanda memar, jamur, atau pembusukan dalam bentuk apa pun.

Dengan melakukan pemeriksaan berkala akan membatasi kerusakan agar tidak menyebar pada tomat lain yang masih bagus. Pasalnya, hika hal ini terlewatkan akan membuat pembusukan tomas meluas dan merambah pada tomat yang masih segar.

5. Cara Menyimpan Tomat Yang Belum Matang

Cara menyimpan tomat yang belum matang sebaiknya, letakkan batangnya menghadap ke bawah pada wadah, hal ini bertujuan untuk mengurangi hilangnya kelembapan sehingga tetap berair dan akan tetap segar tidak kerut.

Selain itu, juga pastikan untuk menyimpannya dalam satu lapisan untuk mencegah memar atau tekstur yang lembek. Tomat yang belum matang dapat disimpan pada suhu kamar sampai mencapai tingkat kematangan yang Bunda inginkan cara ini dapat bertahan 1 minggu hingga 2 minggu.

6. Cara Menyimpan Tomat Yang Sudah Dipotong

Tomat yang sudah dipotong sebaiknya disimpan didalam kulkas agar tidak mengalami perubahan rasa yang masam dan menjeadi lembek hingga pembusukan. Sebaiknya, simpan potongan tomat besar dengan sisi terpotong di atas tisu di dalam wadah penyimpanan dan sebaiknya segara digunakan dalam waktu 2-3 hari.

7. Menyimpan Tomat Dengan Cuka

Acar tomat ceri atau prem utuh yang disimpan dengan menggunakan cuka sari apel. Maka dapat disimpan dalam stoples hingga 12 bulan bahkan 18 bulan di dapur.

Lihat Juga:  Resep Mie Ayam Sederhana Tanpa Minyak Mudah Ekonomis

Tomat yang dipotong dadu juga harus disimpan dalam wadah penyimpanan di lemari es. Setelah beberapa hari di lemari es, tomat yang dipotong sebaiknya segara digunakan atau dibekukan.

Nah, cara jitu diatas dapat menjadi salah satu pilihan Bunda untuk menyimpan tomat yang Bunda miliki agar dapat tomat dapat tersimpan lebih lama dan awet segar tidak busuk.

Berapa Lama Tomat Bertahan ??

Selain, cara menyimpan tomat yang baik dan benar, Bunda juga wajib tahu berap lama tomat mampu bertahan. Berikut ini akan kami ulas tentang umur simpan tomat yang harus Bunda ketahui.

Tomat, seperti kebanyakan buah dan sayuran, tidak memiliki tanggal penggunaan. Jadi berapa lama tomat bertahan sebelum dibuang ??, itulah batas penggunaannya. Kami telah membuat panduan utama ini untuk membantu Bunda. Ingatlah banyak faktor yang mempengaruhi berapa lama tomat bertahan, jadi ini adalah panduan umum.

Berapa Umur Simpan Tomat Segar ??

Tomat yang matang sepenuhnya akan bertahan 5-7 hari disimpan pada suhu kamar dan hingga 2 minggu didinginkan dalam kantong plastik. Tomat yang sedikit mentah sebaiknya dibiarkan matang sepenuhnya dalam mangkuk buah selama 2-3 hari.

Tabel berikut memberikan beberapa panduan umur simpan tomat yang praktis. Waktu ini berlaku untuk semua jenis tomat populer seperti Big Beef, cherry, grape, atau tomat plum.

Jenis TomatSuhu KamarDidinginkan
Mentah8-10 HariTidak Direkomendasikan
Matang5-7 Hari2 Minggu
Irisan2 Jam2-3 Hari
Kalengan ( sudah dibuka )18 BulanTidak Direkomendasikan
Kalengan ( belum dibuka )2 Jam1 Minggu
Matang2 Jam3-5 Hari
Kering Sekali6 Bulan 18 Bulan
Stoples Diisi Dengan Cuka ( belum dibuka )12 BualanTidak Direkomendasikan

Catatan : Tomat yang dibekukan meiliki umur sampan tanpa batas waktu, akan tetapi akan mulai kehilangan kwalitasnya setelah 12 bulan hingga 18 bulan.

Bagaimana Bisa Tahu Apakah Tomat Itu Buruk ??

Bunda dapat mengetahui kwalitas tomat yang buruk jika,tomat berubah menjadi lunak dan lembek, itu pertanda tomat mulai rusak. Kebocoran jus, perubahan warna, kulit keriput, jamur, dan lalat buah juga merupakan sinyal pemberitahu.

Berapa Lama Tomat Yang Dimasak Bertahan ??

Tomat yang dimasak dapat dibiarkan pada suhu kamar hingga dua jam. Dan jika dinginkan maka tomat matang dalam wadah kedap udara selama 3-5 hari atau apabila dibekukan maka tomat akan bertahan lebih lama selama 10-12 bulan.

Tips Menyimpan Tomat Agar Awet Tetap Segar Lebih Lama

  • Untuk mematangkan tomat dengan cepat, masukkan ke dalam kantong kertas cokelat dengan apel atau pisang. Tutup bagian atasnya dengan melipatnya beberapa kali, lalu biarkan di atas meja selama sehari.
  • Tomat yang menunjukkan tanda-tanda jamur harus dibuang. Jika licin maka dagingnya tidak cocok untuk sandwich, tetapi bisa digunakan untuk saus pasta, kacang cabai, atau casserole.
  • Tempatkan tomat segar yang matang ke dalam tas dan dinginkan di rak sayuran untuk memperpanjang umur simpannya.
  • Biarkan tomat matang sepenuhnya sebelum disimpan di lemari es untuk memaksimalkan rasa buah dan tingkat jus .
  • Jika lalat buah menyerang tomat Bunda, di bangku, tinggalkan semangkuk air dengan satu sendok teh cuka di sebelahnya. Dalam sehari Bunda harus menyingkirkan hama ini.
Lihat Juga:  Tips Cara Mengawetkan Bayam Bertahan Hingga 14 Bulan

Bisakah Menyimpan Tomat Dengan Dibekukan ??

Tomat dapat disimpan dengan cara dibekukan, hanya saja kekurangan dari cara penyimpanan ini adalah tomat akan kehilangan sebagian tekstur dan rasanya. Tomat yang telah dibekukan paling baik dimasak.

Selain itu, dalam kebanyakan kasus, tomat dapat langsung dimasukkan ke piring tanpa mencairkan es. Hal ini, yang menyebabkan tomat kehilangan sebagian rasa.

Apa Yang Mempengaruhi Kehidupan Tomat ??

  • Suhu dan kelembaban : Tomat akan menua lebih cepat di iklim yang lebih hangat di mana kelembabannya tinggi.
  • Tahap pematangan : Tomat matang yang dibeli dari toko kelontong akan memiliki umur yang jauh lebih pendek daripada tomat hijau yang dipetik dari pohon anggur yang ditanam di rumah.
  • Jenis Tomat : Umur panjang buah akan tergantung pada varietasnya. Misalnya, tomat prem akan bertahan lebih lama daripada bistik, berkat dagingnya yang lebih keras.
  • Metode penyimpanan : Bagaimana tomat Anda disimpan akan mempengaruhi proses penuaannya. Meninggalkannya di lemari es, meskipun tidak ideal, akan memperpanjang umur buah.
  • Kiat cepat : Tomat yang berubah menjadi lembek dapat direbus atau dihaluskan lalu dibekukan hingga 18 bulan.

Cara Memilih Tomat Di Pasar

  1. Carilah tomat dengan kulit merah cerah dan cerah yang bebas dari kerutan atau memar
  2. Tomat kuning yang berubah menjadi oranye mungkin merupakan indikasi bahwa tomat itu terlalu matang, jadi periksa kekencangannya terlebih dahulu
  3. Kulit harus kencang dan harus memantul kembali setelah menekan ibu jari Anda dengan lembut ke dalam buah
  4. Jika tomat yang akan Bunda beli ada sedikit noda dan bekas luka sebaiknya jangan dipilih

Cara memasak praktis dan mudah telah kami bagikan langkah penyajian cara menyimpan tomat yang sudah dipotong mulai dari bahan yang diperlukan sampai matang siap konsumsi. Resep cara menyimpan tomat buatan sendiri ini adalah koleksi resep masakan Indonesia sederhana dan telah diuji coba di rumah dengan rasa yang enak sesuai harapan.

Aneka olahan tomat bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi siapa pun yang memasak dengan recipe ini. Didukung dengan bahan yang mudah didapat di sekitar kita, dan proses memasak yang sederhana untuk cara menyimpan tomat tanpa kulkas tahan hingga 2 bulan seperti recipe diatas, begitu gampang bukan untuk membuat hidangan yang satu ini? Ini adalah resep mudah, yang akan membuat bunda terlihat layaknya koki hebat.

Saatnya praktek yuk! Kami yakin bunda dapat memasak Cara Jitu Menyimpan Tomat Agar Awet Tahan Berbulan-Bulan dengan hasil maksimal. Awali dengan menyiapkan bahan yang diperlukan dilanjutkan dengan aturan tips memasak yang sudah diberikan. Selamat memasak, dan like Facebook kami ya bunda!