Cara menyimpan lengkuas lebih lama & tidak mudah kering- merupakan salah satu cara agar lengkuas yang Bunda beli dari pasar dapat disimpan lebih lama. Lengkuas adalah rimpang kering dari tanaman Alpinia galanga yang sering dikenal dengan ramuan rimpang abadi, dan kuat, karena sifatnya yang mampu bertahan lebih lama dari pada jenis rimpang lainnya seperti jahe, kunyit, kencur dan sebagainya.



Lengkuas memiliki tekstur yang lebih padat, lebih kencang dan bahkan lebih menonjol dari pada jahe, rimpangnya lebih bulat, ditandai dengan cincin konsentris setiap setengah inci terpisah dan tidak memiliki kulit untuk dikupas.

Rasanya tidak seperti jahe, lengkuas memiliki rasa yang lebih panas dan lebih tajam yang dikombinasikan dengan rasa pedas yang tajam.

Cara menyimpan dan mengawetkan lengkuas yang baik tidak mudah kering akan sangat membantu Bunda dalam menyimpan lengkuas. Bukan hanya itu saja kami juga menyediakan beragam cara untuk menyimpan bahan rimpang lainya mampu bertahan hingga 1 tahun lebih salah satunya adalah cara menyimpan kunyit dan mengawetkan kunyit tahan hingga 4 tahun, lihat lebih lengkap Klik Disini.

Jika bunda sedang mencari resep praktis untuk mengesankan teman atau keluarga di rumah, maka tidak perlu mencari istilah resep masakan yang lain selain cara menyimpan lengkuas yang mudah dimasak dengan kearifan lokal tradisional Indonesia ini Hidangan populer ini dapat disajikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan utama, dan itu pasti menyenangkan karena rasanya yang enak lezat. Untuk membuat semua tentang lengkuas yang belum banyak diketahui hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk disiapkan.



istilah resep masakan yang menjadi resep paling enak juga disukai disukai yaitu cara menyimpan lengkuas dikulkas/freezer, dan resep ini akan membuat keluarga gak bosen makan lengkuas. Proses pembuatannya gampang, simple dan praktis deh pokoknya dengan hasilnya maknyus abiss. Yuk disimak bahan baku dan proses memasak cara menyimpan lengkuas berikut ini.

Cara Menyimpan Lengkuas Lebih Lama & Tidak Mudah Kering, Cara Mengawetkan Lengkuas Mudah Tahan Hingga 3 Tahun, Cara Menyimpan Lengkuas Di Kulkas, Cara Menyimpan Lengkuas Di Suhu Ruang Tahan Hingga 1 -2 Minggu, Cara Mengeringkan Lengkuas Mudah dan Praktis, Cara Membekukan Lengkuas Tahan Hingga Berbulan - Bulan, Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan, Rahasia Lengkuas Yang Harus Diketahui, Resep Teh Lengkuas Untuk Jantung

A. Cara Mudah Menyimpan Lengkuas Tahan Lama & Tidak Mudah Kering

Tahukan Bunda?? sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk menyimpan lengkuas dan membuatnya dapat bertahan lebih lama dan tidak mudah kering. Metode penyimpanan terbaik akan mempertahankan rasa dan aroma khas lengkuas. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk menyimpan lengkuas untuk rasa terbaik.

1. Keringkan Lengkuas

Cara pertama yang dapat Bunda lakukan untuk menyimpan lengkuas agar dapat bertahan lebih lama adalah dengan mengeringkannya baik dengan menggunakan pengering makanan, oven, atau langsung dibawah terik matahari. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengiris lengkuas setipis mungkin, tujuannya agar lengkuas dapat kering lebih cepat dan merata.

Bunda dapat mengeringkannya dengan menggunakan oven pada suhu kurang lebih 200 derajat celcius (tergantung oven masing-masing) kurang lebih sekitar 45 menit atau sampai kering. Sebelum dimasukkan kedalam oven, terlebih dahulu oven dipanaskan.

Lihat Juga:  Teknik & Panduan Pengawetan Makanan Agar Awet Tahan Lama

Selain menggunakan oven, Bunda juga dapat mengeringkan lengkuas dibawah terik sinar matahari selama beberapa hari, hingga benar-benar lengkuas kering.

Jika lengkuas sudah kering, bisa langsung dihaluskan dengan menggunakan blender atau copper dan dapat disimpan diwadah kedap udara dan ditempat sejuk maka akan bertahan 1 tahun hingga 3 tahun.

2. Simpan Di Suhu Ruang

Jika Bunda memiliki lengkuas segar, Bunda juga dapat menyimpannya pada suhu ruang tanpa perlu khawatir lengkuas akan kering. Pasalnya, lengkuas memiliki umur simpan yang relatif lama karena lengkuas mampu bertahan 1 minggu hingga 2 minggu dalam suhu ruang.

3. Dinginkan

Bunda bisa menggunakan cara lain untuk menyimpan lengkuas agar awet tidak mudah kering yaitu jika lengkuas yang akan Bunda simpan masih muda dan empuk, maka sebaiknya parut lengkuas dan simpan rimpang parut dalam toples dengan sedikit garam cara ini dapat bertahan hingga 3 bulan.

Cara terbaik untuk mengatasi lengkuas yang keras adalah dengan menumbuk atau menggilingnya menjadi pasta. Bunda bisa menyimpan pasta lengkuas dalam toples seperti halnya parutan lengkuas, pasta lengkuas ini mampu bertahan hingga 6 bulan.

4. Bekukan

Bekukan seluruh lengkuas dengan memasukkannya ke dalam kantong freezer yang dapat ditutup kembali atau kantong zip lock dan menyimpannya di dalam freezer. Cobalah untuk mengeluarkan semua udara dari kantong untuk mencegah freezer terbakar.

Sebelum dibekukan sebaiknya lengkuas dipotong-potong terlebih dahulu, dan masukkan kedalam beberapa kantong agar lebih muah untuk menyimpannya. Atau dapat bungkus setiap bagian lengkuas dalam cling film dan simpan semuanya dalam satu kantong freezer besar. Cling film akan menjaga irisan lengkuas agar tidak saling menempel. Cara ini akan menjadikan lengkuas lebih awet dan tidak mudah kering hingga 9 bulan lamanya.

5. Tidak Perlu Mengupas Kulit Lengkuas

Lengkuas yang akan disimpan sebaiknya jangan dikupas kulitnya. Hal ini dikarenakan jika kulit lengkuas dikupas maka dapat mengurangi rasa pada masakan jika digunakan.

6. Buang Bagian Lengkuas Yanga Berjamur & Lembek

Lengkuas yang berjamur dan memiliki tekstur yang lembek, tidak mampu bertahan lama. Maka oleh sebab itu, jika Bunda menginginkan lengkuas lebih awet dana tahan lama serta tidak mudah kering maka sebaiknya buang bagian lengkuas yang berjamur dan lembek, sehingga dapat menghindari penyebaran jamur pada lengkuas yang masih segar.

7. Lapisi Lengkuas Dengan Tisu Kertas

Sebelum lengkuas dimasukkan kedalam wadah kedap udara, sebaiknya lapisi wadah dengan menggunakan tisu kertas. Tisu kertas dapat menjaga lengkuas tetap segar serta mampu menjaganya dari kelembaban yang dapat menimbulkan jamur. Cara penyimpanann ini mampu bertahan hingga 1 minggu.

B. Semua Tentang Lengkuas Yang Belum Banyak DIketahui

1. Apa Itu Lengkuas ??

Lengkuas yang termasuk ke dalam suku Zingiberaceae (Keluarga Jahe) adalah herba abadi. Lengkuas memiliki beragam nama lain yang dikenal dari berbagai negara seperti Kulanjal, Kulinjan, Punnagchampa, Kolinjan, Kulanja, Arratai, Arrata, Koshtkulinjan, Kacchuramu, Alpinia galanga, Adkham, Daaih gou leuhng geung, Grote galanga, Galgant dan masih banyak lagi.

Lihat Juga:  Resep Cara Membuat BAJIGUR Paling ENAK dan Segar

Lengkuas sendiri merupakan rimpang yang berasal dari Asia Tenggara, mungkin Cina selatan & sekarang dibudidayakan di Indochina, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Tanaman lengkuas (Alpinia galanga) memiliki tinggi 1,8 hingga 2,1 meter dan memiliki rimpang abadi (tebal 2,5 hingga 10 cm).

Bentuk rimpangnya menyerupai jahe tetapi berwarna merah muda hingga coklat, beraroma, pedas dan pahit. Beberapa varietas memiliki kulit coklat kemerahan gelap dan interior hampir putih. Rimpangnya keras dan sulit dipatahkan.

2. Nilai Gizi Pada Lengkuas

Satu porsi lengkuas mengandung 45 kalori dan 2 gram serat makanan. Lengkuas juga merupakan sumber natrium, zat besi, vitamin A dan C. Ia juga memiliki beberapa fitokimia seperti beta-Sitosterol, Galangi, Emodin dan Quercetin.

3. Komposisi Kimia Yang Terdapat Pada Lengkuas

Didalam lengkuas ternyata terdapat kandungan kimiawi yang belum banyak orang ketahui. Kandungan kimia yang terdapat pada lengkuas terdiri dari 1,5% minyak esensial (1,8 cineol, pinene, eugenol, kamper, metil sinamat dan seskuiterpen).

Sedangkan kandungan minyak atsiri pada lengkuas kering, memiliki komposisi yang berbeda secara kuantitatif dibandingkan dengan yang segar.

Sedangkan pinene, 1,8-cineol, -bergamoten, trans-β-farnesene dan -bisabolene sama-sama berkontribusi terhadap rasa lengkuas segar, rimpang kering menunjukkan lebih sedikit variasi komponen aroma (cineol dan farnesene). Dan rasa pedas pada lengkuas disebabkan karena terdapat kandungan resin didalamnya.

4. Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Berikut Ini adalah beberapa manfaat lengkuas yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Lengkuas Sebagai Antioksidan

Antioksidan yang terdapat pada lengkuas merupakan senyawa alami yang membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas

b. Manfaat Lengkuas Untuk Pencernaa

Dalam pengobatan Ayurveda dan budaya Asia lainnya, lengkuas digunakan untuk menenangkan sakit perut, mengatasi diare, mengurangi muntah dan bahkan menghentikan cegukan

c. Lengkuas Bermafaat Untuk Mengatasi Diabetes

Bagian daging yang terdapat pada lengkuas dapat merangsang regenerasi sel beta yang mensekresi insulin di pankreas, hal ini yang dapat mencegah terjadinya diabetes

d. Lengkuas Dapat Menghambat Pertumbuhan Kanker

Ekstrak air lengkuas Alpinia dapat menghambat proliferasi garis sel tumor lambung manusia

e. Lengkuas Sebagai Agen Anti-inflamasi

Rimpang lengkuas mengandung flavonoid, tanin, saponin, glikosida, dan beberapa senyawa fenolik, yang menunjukkan efek anti-inflamasi dan analgesik yang kuat

f. Lengkuas Sebagai Agen Antimikroba

Peneliti mengklaim bahwa minyak atsiri dari rimpang lengkuas kering dan segar dapat menghilangkan bakteri, ragi, jamur, dan parasit

Lihat Juga:  Resep Teh Serai Jahe Madu Segar Sederhana Kaya Manfaat

g. Lengkuas dalam Seksualitas Pria

Lengkuas mempengaruhi produksi protein melalui ekspresi gen terkait yang terlibat dalam spermatogenesis

h. Lengkuas sebagai Agen Antimikroba e

Ekstrak lengkuas memberikan efek antimikroba pada beberapa bakteri yang dikenal menginfeksi makanan, termasuk staphylococcus, E. coli, listeria, salmonella dan clostridium.

i. Lengkuas untuk Kulit dan Rambut

Minyak Esensial Lengkuas membantu meremajakan kulit kering dan kusam dengan mempromosikan sel baru. Minyak meningkatkan elastisitas, membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada kulit

C. Resep Teh Lengkuas Untuk Memperkuat Jantung

Gunakan Teh Lengkuas ini untuk memperkuat jantung, memperbaiki pencernaan, dan meredakan bau mulut, resep ini telah diuji coba serta banyak yang menggunakan dan hasilnya memnag sangat baik untuk kesehatan jantung, pencernaaan serta dapat mengatasi bau mulut hingga gatal-gatal pada kulit.

Resep Teh Lengkuas Yang Wajib Dicoba

Bahan-Bahan Yang Digunakan :

1 Jempol Lengkuas (boleh ditambah)
400 ml Air MAtang

Cara Membuat Teh Lengkuas Untuk Jantung

  1. Cuci bersih lengkuas kemudian parut atau iris iris atau geprek
  2. MAsukkan kedalam panci dan tambahkan 400 ml air
  3. Masak hingga mengeluarkan aroma lengkuas tiak perlu sampai mendidih
  4. Masukkan kedalam gelas, tunggu hingga hangat bisa tambahkan madu dan bisa langsung dikonsumsi

Selain cara diatas cara membuat teh lengkuas yang Lebih praktis juga bisa Bunda lakukan dengan cara sebagai berkut :

  1. Masukkan lengkuas yang sudah dicuci dan digeprek kedalam gelas
  2. Tambahkan air panas lalu diamkan kurang lebih selama 30 menit
  3. Tambahkan madu dan bisa langsung dikonsumsi.

Cara memasak praktis dan mudah telah kami bagikan langkah penyajian 10 tips dan cara menyimpan lengkuas agar tahan lama diluar ruangan mulai dari bahan yang diperlukan sampai matang siap konsumsi. Resep cara menyimpan lengkuas buatan sendiri ini adalah koleksi resep masakan Indonesia sederhana dan telah diuji coba di rumah dengan rasa yang enak sesuai harapan.

Aneka olahan lengkuas bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi siapa pun yang memasak dengan recipe ini. Didukung dengan bahan yang mudah didapat di sekitar kita, dan proses memasak yang sederhana untuk resep the lengkuas untuk kesehatan jantung seperti recipe diatas, begitu gampang bukan untuk membuat hidangan yang satu ini? Ini adalah resep mudah, yang akan membuat bunda terlihat layaknya koki hebat.

Saatnya praktek yuk! Kami yakin bunda dapat memasak Cara Menyimpan Lengkuas Lebih Lama & Tidak Mudah Kering dengan hasil maksimal. Awali dengan menyiapkan bahan yang diperlukan dilanjutkan dengan aturan tips memasak yang sudah diberikan. Selamat memasak, dan like Facebook kami ya bunda!