Cara menyimpan jahe awet tahan lama hingga 1 tahun– merupakan salah satu cara yang wajib Bunda coba. Pasalnya, dari semua produk, jahe segar adalah salah satu yang paling sulit disimpan. Namun, jika disimpan dengan baik dan benar maka jahe dapat bertahan berbulan – bulan hingga 1 tahun tetap segar.



Apa Itu Jahe ??

Meskipun jahe sering disebut sebagai akar jahe. Jahe sebenarnya berasal dari rimpang (batang bawah tanah) Zingiber officinale, tanaman berbunga tropis dari keluarga yang sama dengan kapulaga dan kunyit.

Rasa yang tajam pada jahe segar mentah berasal dari gingerol, senyawa aromatik yang berubah menjadi zingerone yang lebih manis saat dipanaskan atau dikeringkan, membuat jahe menjadi bahan yang sangat serbaguna. Banyak masakan, seperti masakan Asia Tenggara dan India, menggunakan jahe untuk membuat masakan yang gurih dan manis.

Jahe dikenal karena rasa dan aromanya, selain itu jahe juga banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan makanan dengan menghasilkan cita rasa yang lezat dan juga dikatakan memiliki khasiat obat yang luar biasa.

Namun, terkadang mungkin Bunda menemukan beberapa akar jahe yang sudah berjamur , maka sudah dipastikan jahe yang sudah berjamur tersebut tidak dapat disimpan lebih lama.



Oleh sebab itu, penting juga untuk memilih jahe segar yang tersedia di pasar agar tahan lama. Pastikan jahe memiliki kulit yang halus dan rimpang akar harus masih segar. Jangan memilih jahe yang lembut dan keriput karena mungkin sudah agak tua. Hindari jahe yang lembab dan berjamur.

Selain cara menyimpan jahe agar tahan lama hingga 1 tahun, Bunda juga dapat melihat Cara Mengawetkan Cabai Tahan Lama 1 Bulan Hingga 1 Tahun yang sudah terbukti dan telah diuji caba lihat, DISINI.

Jika bunda sedang mencari resep praktis untuk mengesankan teman atau keluarga di rumah, maka tidak perlu mencari istilah resep masakan yang lain selain menyimpan jahe tahan lama hingga 1 tahun yang mudah dimasak dengan kearifan lokal tradisional Indonesia ini Hidangan populer ini dapat disajikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan utama, dan itu pasti menyenangkan karena rasanya yang enak lezat. Untuk membuat cara menyimpan jahe tanpa kulkas awet tahan lebih lama hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk disiapkan.

Lihat Juga:  Resep Bakpia Pathok Paling Enak Tahan Lama

istilah resep masakan yang menjadi resep paling enak juga disukai disukai yaitu cara menyimpan jahe agar awet tahan lama, dan resep ini akan membuat keluarga gak bosen makan jahe. Proses pembuatannya gampang, simple dan praktis deh pokoknya dengan hasilnya maknyus abiss. Yuk disimak bahan baku dan proses memasak menyimpan jahe tahan lama hingga 1 tahun berikut ini.

Apa Manfaat Jahe Bagi Kesehatan?

Jahe telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun di India, Cina, Yunani, dan Timur Tengah, terutama untuk mengurangi mual, mengurangi peradangan, mengurangi nyeri otot, dan mabuk perjalanan. Jahe juga dikenal karena sifat anti inflamasi dan antioksidannya.

Cara Menyimpan Jahe Setelah Panen, Cara Menyimpan Jahe Awet Tahan Lama Hingga 1 Tahun, Tips Agar Jahe Awet  Tahan Lebih Lama, 6 Cara Agar Jahe Tahan Lebih Lama Hingga 1 Tahun, Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Cara Menyimpan Jahe Di Freezer, Cara Menyimpan Jahe Di Suhu Ruang

Cara Menyimpan Jahe Awet Tahan Lama Hingga 1 Tahun

Cara luar biasa untuk menyimpan jahe segar dapat dengan berbagai cara, tergantung pada bagaimana dan kapan Bunda berencana menggunakan jahe. Dan berikut adalah beberapa cara yang dapat Bunda lakukan untuk menjaga jahe agar tetap segar awet tahan berbulan- bulan hingga 1 tahun diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Simpan Jahe Pada Kantong Kertas / Kantong Zip Lock

Selalu simpan jahe dalam kantong kertas atau handuk kertas atau kantong zip lock, lalu simpan di lemari es atau freezer. Kemas sepotong jahe dengan membungkusnya dengan benar sampai tidak ada tempat yang tersisa untuk terkena udara dan kelembaban. Dengan begitu, Anda bisa menyimpannya lebih lama.

2. Menggunakan Rendaman Cairan Asam

Simpan jahe yang baru dikupas dalam stoples yang direndam dengan cairan asam, yang mungkin termasuk jus lemon atau cuka. Meskipun mungkin metode penyimpanan yang kuat, ada kemungkinan cairan ini dapat mengubah rasa dan rasa jahe.

3. Membekukan Jahe

Salah satu cara terbaik untuk menyimpan jahe adalah dengan mengupas dan mencincangnya hingga halus. Letakkan di atas nampan dan biarkan membeku. Simpan jahe beku dalam wadah kedap udara. Jahe beku ini bisa dinikmati hingga beberapa bulan hingga 1 tahun tanpa harus kehilangan rasanya.

Lihat Juga:  Resep Onde Onde Kacang Hijau Empuk dan LEmbut

4. Lemari Es / Freezer

Untuk penyimpanan lemari es, yang terbaik adalah membiarkan seluruh bagian utuh dan mengeluarkan bagian-bagiannya jika diperlukan. Simpan potongan-potongan ini dalam kantong yang dapat ditutup kembali dan peras semua udara keluar darinya. Ini akan membuat jahe tetap segar selama lebih dari sebulan.

5. Menanam Dalam Pot

Untuk persediaan jahe yang tiada habisnya, tanamlah akar jahe dalam pot kecil dan simpan di ambang jendela. Ini akan mengirimkan tunas dan daun seperti tanaman hias lainnya. Kapan pun Anda membutuhkan jahe untuk resep, angkat tanaman; potong sepotong akar, dan kembalikan ke potnya—tidak akan melukai tanaman sedikit pun. Selama Anda menyirami tanaman Anda, Anda tidak akan pernah kehabisan jahe.

Metode merupakan metode yang terbaik sehingga jahe akan tahan hingga 1 tahun lamanya dan akan terjaga kesegarannya.

6. Acar / Mengasinkan

Bunda dapat mengawetkan jahe dengan cara mengasinkan jahe segar. Kupas jahe menggunakan alat pengupas, lalu iris tipis-tipis. Tempatkan jahe yang sudah dipotong ke dalam stoples kaca yang diisi dengan cuka, gula, dan air dengan perbandingan yang sama (Bunda dapat menyesuaikan campuran ini sesuai selera). Simpan acar jahe di lemari es hingga dua bulan tanpa mengurangi rasa dan khasiat jahe.

Tips Yang Harus Diingat Agar Jahe Dapat Bertahan Awet Tahan Lama

  • Pilih Jahe Yang Masih Segar

Salah satu langkah penyimpanan jahe pertama yang harus dilakukan sebelum mengawetkan jahe segar adalah dengan memilih batang menonjol. Ada sedikit perbedaan antara kunyit dan jahe dalam hal penyimpanan. Tentu saja, jika Bunda menanam jahe sendiri, memilih yang sempurna itu mudah, terutama jika Bunda tahu cara menanam jahe dalam pot di dalam ruangan.

Pilihlah jahe yang terdiri dari kulit halus di permukaan dengan bagian dalam yang padat dan, jika akar jahe terasa berlubang atau lunak saat dipetik, itu bukan potongan segar. Selain itu jika ada perubahan warna yang muncul di permukaan jahe, itu adalah indikasi yang tidak baik sehingga sebaiknya jangan dipilih.

Lihat Juga:  Resep Sari Kacang Hijau Paling Enak dan Bergizi Tinggi

Jahe berwarna coklat muda, jadi setiap bintik hitam, memar, atau putih, area berjamur janganlah dibeli, karena jahe akan mudah membusuk dan tidak tahan lama.

  • Setelah Anda mengupas atau mengiris jahe, Anda tidak bisa lagi menyimpannya pada suhu kamar. Untuk membuatnya lebih tahan lama, Anda harus membekukannya atau mendinginkannya.
  • Jahe dapat dengan mudah bertahan hingga tiga minggu di lemari es, asalkan tidak terkena udara dan kelembapan.
  • Jahe dapat disimpan dalam potongan besar di dalam freezer, tetapi ingat untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara.

Cara paling sederhana untuk mendapatkan jahe segar adalah dengan menanamnya di rumah. Jadi cobalah menanam beberapa di kebun dapur Bunda.

Cara memasak praktis dan mudah telah kami bagikan langkah penyajian cara menyimpan jahe merah setelah panen mulai dari bahan yang diperlukan sampai matang siap konsumsi. Resep menyimpan jahe tahan lama hingga 1 tahun buatan sendiri ini adalah koleksi resep masakan Indonesia sederhana dan telah diuji coba di rumah dengan rasa yang enak sesuai harapan.

Aneka olahan jahe bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi siapa pun yang memasak dengan recipe ini. Didukung dengan bahan yang mudah didapat di sekitar kita, dan proses memasak yang sederhana untuk cara menyimpan jahe difreezer seperti recipe diatas, begitu gampang bukan untuk membuat hidangan yang satu ini? Ini adalah resep mudah, yang akan membuat bunda terlihat layaknya koki hebat.

Saatnya praktek yuk! Kami yakin bunda dapat memasak Cara Menyimpan Jahe Awet Tahan Lama Hingga 1 Tahun dengan hasil maksimal. Awali dengan menyiapkan bahan yang diperlukan dilanjutkan dengan aturan tips memasak yang sudah diberikan. Selamat memasak, dan like Facebook kami ya bunda!